facebook twitter rss

STATUS G. KELUD WASPADA: Ini Daerah Rawan Bahaya

Eries Adlin Senin, 03/02/2014 12:41 WIB
Sejumlah pengendara melintas di pinggir jJalan yang amblas di Desa Sugihwaras, Ngancar, Kediri, Jawa Timur, Senin (3/2/2014). Jalan tersebut merupakan jalur evakuasi warga ketika Gunung Kelud meletus/Antara
Antara
Sejumlah pengendara melintas di pinggir jJalan yang amblas di Desa Sugihwaras, Ngancar, Kediri, Jawa Timur, Senin (3/2/2014). Jalan tersebut merupakan jalur evakuasi warga ketika Gunung Kelud meletus

Kabar24.com, JAKARTA – Status Gunung Kelud di Kabupaten Kediri,  Blitar, dan Malang ditetapkan menjadi waspada dari normal sejak 2 Februari 2014. 

Berikut ini potensi bahaya dan daerah rawan bahaya letusan Gunung Kelud seperti dilansir Badan Geologi Kementerian ESDM di www.vsi.esdm.go.id:  

III. POTENSI BAHAYA

Daerah yang berpotensi terlanda bahaya letusan G. Kelud terdiri dari 3 (tiga) kawasan, yaitu :

-    Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusansan, aliran lava, dan kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 km dari pusat erupsi.

-    Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat dalam radius 5 km dari pusat erupsi.

-    Kawasan Rawan Bencana I (KRB I) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda lahar hujan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar letusan dalam radius 10 km dari pusat erupsi.

IV. KESIMPULAN

Aktivitas kegempaan vulkanik menunjukkan peningkatan dan didominasi oleh Gempa Vulkanik Dangkal (VB) dan Gempa Vulkanik Dalam (VA).

Data suhu air panas di Kawah G. Kelud menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental serta potensi ancaman bahaya G. Kelud maka terhitung tanggal 2 Februari 2014 pukul 14:00 WIB status kegiatan G. Kelud dinaikan dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II).

Jika terjadi penurunan aktivitas vulkanik G. Kelud, maka tingkat kegiatannya dapat diturunkan sesuai dengan tingkat kegiatan dan ancamannya. Apabila aktivitasnya terus meningkat, maka daerah yang terdampak dapat diperluas sesuai ancamannya. (Badan Geologi/Kabar24.com)

BACA JUGA:

19 Gunung Api Ini Berstatus Waspada

3 BRA UNIK: Bisa Deteksi Jatuh Cinta Hingga Menulis Tweets

Editor: Eries Adlin

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR