facebook twitter rss

PENGUMUMAN CPNS HONORER K2: Kelulusan Bukan Produk Cuci Gudang

Nancy Junita Selasa, 04/02/2014 13:22 WIB
Azwar Abubakar/menpan.go.id
menpan.go.id
Azwar Abubakar

Kabar24.com, JAKARTA— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menegaskan pengangkatan tenaga honorer kategori II bukan produk cuci gudang.

Dalam penetapan kelulusan memang ada beberapa pertimbangan, atau kebijakan afirmasi oleh Kementerian PANRB,  seperti masa kerja dan usia.

 Namun penentuan kelulusan juga melihat, apakah pegawai itu dibutuhkan atau tidak dalam formasi jabatan yang akan diisi.  Bidang tugas dan wilayah penugasan dari tenaga honorer itu sendiri juga menjadi pertimbangan.

“Meskipun mendapat perlakuan khusus, tapi kualitas tidak boleh dikesampingkan,” tegasnya dalam rapat kerja tindak lanjut penerimaan tenaga honorer kategori I dan hasil seleksi tenaga honorer kategori II, di DPR-RI, Senin (3/2/2014) seperti dilansir situs menpan.go.id.

 Menanggapi kecurigaan masyarakat tentang penerimaan tenaga honorer kategori II tersebut, Azwar Abubakar menyampaikan bahwa tidak serta merta Pemerintah menerima tenaga honorer yang tidak berkualitas.

Semua diklasifikasikan sesuai kebutuhan, jadi tidak ada yang dipaksakan untuk lulus. “Capek sedikit tidak apa-apa karena kecurigaan oknum-oknum tertentu, yang pasti yang berkualitas berdasarkan kebutuhan pasti masuk,” tandasnya.

 Diungkapkan, jumlah tenaga honorer K-II yang mengikuti tes CPNS tercatat sebanyak 605.170 orang. Dari jumlah itu, 254.774 atau 42 persen di antaranya merupakan tenaga pendidik.

Adapun tenaga kesehatan sebanyak 17.124 orang, tenaga penyuluh ada 5.585 orang, dan 327.696 orang, atau 54 persen merupakan tenaga teknis/administrasi.

 Dari berbagai masukan dan aspirasi daerah, yang paling banyak dibutuhkan oleh daerah adalah tenaga kependidikan. “Karena itu kami mengalokasikan antara empat puluh sampai lima puluh persen yang akan diterima menjadi CPNS,” tambah Menteri. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

PENGUMUMAN CPNS HONORER K2: Jika Besok Tak Lulus, Berpeluang Jadi PPPK

PENGUMUMAN TKD CPNS HONORER K2: Besok, Ini Kriteria Penentuan Kelulusan

Editor: Nancy Junita

KOMENTAR