facebook twitter rss

PENGUMUMAN CPNS HONORER K2: www.menpan.go.id & www.bkn.go.id Bermasalah, Ditunda Lagi?

Eries Adlin Rabu, 05/02/2014 16:36 WIB
Ilustrasi peserta tes CPNS/Antara
Antara
Ilustrasi peserta tes CPNS

Kabar24.com, JAKARTA – Pengumuman TKD CPNS honorer K2 hanya akan memajang nama-nama yang lulus pada Rabu siang 5 Februari 2014 (klik di sini). Namun, alamat www.menpan.go.id dan www.bkn.go.id susah diakses.

Beredar kabar bahwa pengumuman TKD CPNS honorer K2 ditunda lagi sambil menunggu persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, kebenaran berita tersebut masih simpang siur. Belum ada keterangan resmi dari pejabat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga Badan Kepegawaian Nasional.

Sebelumnya, kepastian tentang hanya nama yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 untuk pegawai honorer kategori II (K2) yang diumumkan disampaikan oleh Wakil Kepala BKN selaku Ketua Pokja Tim Pengolahan LJK Panselnas 2013 Bima Haria Wibisana.

Pernyataan tersebut disampaikan Bima Haria Wibisana menjelang pengumuman kelulusan tenaga honorer kategori II di Media Center Kementerian PAN & RB, Selasa (4/2/2014).

Bima menambahkan keputusan mengumumkan hanya nama yang lulus hasil TKD CPNS honorer K2 dengan alasan efisiensi.  “Agar efisien, yang lulus saja yang diumumkan nama dan nomornya,” jelas Bima.

Pengumuman K.II itu bersifat final dan akan dimuat di website Kementerian PAN & RB www.menpan.go.id  dalam bentuk PDF.

Bima menyampaikan bahwa sedikitnya terdapat 600 ribuan tenaga honorer kategori II (K.II). sehingga tidak memungkinkan untuk diumumkan semua. Bima juga mengatakan bahwa semua dokumen akan diserahkan ke daerah atau instansi  masing-masing seperti halnya hasil tes jalur umum.

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) Azwar Abubakar mengatakan Panselnas melibatkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan hasil kelulusan honorer K-II dimaksud.

“Lemsaneg memasang watermark, agar hasilnya tidak dapat diutak-atik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Azwar Abubakar.

Menteri juga menegaskan bahwa dalam menentukan kelulusan PNS dari honorer K-II ini, Panselnas tetap memberlakukan  passing grade. Panselnas menerima masukan, aspirasi dan afirmasi dari berbagai daerah sehingga passing grade satu daerah dengan daerah lain tidak sama. 

Laman resmi Kementerian PAN & RB melansir bahwa untuk K.II tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh yang masa kerjanya lebih lama dan usianya lebih tua, masing-masing diberikan tambahan skor, sedangkan untuk tenaga administrasi tidak diberikan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan & RB) Azwar Abubakar mengatakan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melibatkan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan hasil kelulusan honorer K-II antara lain dengan memasang watermark di PDF hasil kelulusan TKD CPNS honorer K2.

“Lemsaneg memasang watermark, agar hasilnya tidak dapat diutak-atik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Menteri Azwar dalam jumpa pers di  di Media Center Kementerian PAN & RB, Selasa (4/2/2014). (Kabar24.com)

BACA JUGA:


Diluncurkan, Ferrari 458 Speciale

Miss Universe María Gabriela Doyan Bakpia & Cendol

Ini Penjelasan BMKG Soal Banjir yang Terus Menerus

Editor: Eries Adlin

KOMENTAR