facebook twitter rss

Status Gunung Kelud Naik Menjadi Siaga

Newswire Senin, 10/02/2014 18:34 WIB
Gunung Kelud/Antara
Antara
Gunung Kelud

Kabar24.com, JAKARTA- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan aktivitas vulkanik dari Gunung Kelud terus terjadi, sehingga statusnya naik dari Waspada menjadi Siaga.

"Terhitung Senin (10/2/2014) pukul 16.00 Wib, PVMBG menaikkan statusnya menjadi Siaga (level III). Sebelumnya status Gunung Kelud adalah Waspada (Level II)," kata Sutopo melalui rilis yang diterima, Senin.

Peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik menunjukkan peningkatan dan didominasi oleh gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, data suhu air panas di Kawah Gunung Kelud, dan pemantauan visual menunjukkan peningkatan.

Sutopo menjelaskan, daerah yang berpotensi terlanda bahaya letusan Gunung Kelud pada Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, aliran lava, dan kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 km dari pusat erupsi. Pada radius 2 km tersebut tidak ada permukiman.

Pada Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat dalam radius 5 km dari pusat erupsi.

"Pada radius 5 km diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Masyarakat yang berada dalam KRB II untuk selalu waspada dan memperhatikan perkembangan Gunung Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG," katanya.

Dengan peningkatan status tersebut, Sutopp meminta dan merekomendasikan agar pendaki, wisatawan, dan masyarakat tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud.

"Kepala PVMBG telah melaporkan kepada Kepala BNPB terkait peningkatan status Siaga. Deputi Penanganan Darurat BNPB telah melakukan koordinasi dengan BPBD Blitar, BPBD Malang, dan Pemda Kediri untuk menyiapkan rencana kontinjensi," kata Sutopo. (Antara)

 

BACA JUGA:

47 Gitaris Ternama Indonesia Gelar Konser Amal

Wah, Masyarakat Yunani Anggap Siomay Unik dan Lezat

Editor: Andhina Wulandari

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR