facebook twitter rss

PENGUMUMAN CPNS HONORER K2: Nasib Yang Tidak Lulus Bagaimana?

Eries Adlin Kamis, 20/02/2014 09:00 WIB
Ilustrasi/Antara
Antara
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengingatkan agar instansi pemerintah daerah dan pusat tetap menindaklanjuti peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tenaga honorer kategori II yang tidak lulus seleksi.

“Honorer Kategori II yang tidak lulus dikembalikan ke daerah masing-masing, sambil menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Kalau masih dipekerjakan, sedapat mungkin honornya  juga ditingkatkan,” ujar Azwar Abubakar ketika menemui demonstran dari Persatuan Guru Honor Indonesia (PGHI) Kabupaten Bandung di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (19/2/2014).

Sejumlah 250 orang guru honorer kategori II yang datang dengan lima bis dari Kabupaten Bandung, mempertanyakan informasi yang masih simpang siur tentang nasib honorer kategori II yang gagal CPNS. Hasil kelulusan yang ditetapkan Panselnas hanya mengacu pada hasil ujian yang telah mereka ikuti pada 3 November 2013 lalu.

Menteri menambahkan seleksi terakhir untuk honorer kategori II menjadi CPNS dilakukan hanya sekali ini. Namun pengangkatannya dilakukan secara bertahap pada tahun anggaran 2013 sampai 2014. 

Pengumuman tes calon pegawai negeri sipil honorer kategori II (CPNS honorer K2) sudah dilakukan untuk 29 kementerian dan lembaga di tingkat pusat. Namun, di instansi yang paling banyak menyerap pegawai honorer yaitu Kemdikbud dan Kementerian Agama (Kemenag) justru belum terpajang hasil seleksi tersebut.

Menurut penulusuran Kabar24.com alamat situs yang memajang pengumuman tes CPN honorer K2 yaitu Kementerian PANRB, cpns.menpan.go.idBKNJPNN, dan Liputan6 selaku media partner sampai 19 Februari 2014 pukul 14.15, belum tampak juga pengumuman untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kemenag.

Sebelumnya, pada Senin malam (17/2/2014), panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS kembali mengumumkan kelulusan honorer kategori dua (K2) untuk 13 kementerian/lembaga.

Ke-13 instansi pusat itu antara lain Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Untuk lembaga pemerintah non kementerian adalah BPS, BKKBN, serta Sekretariat Jenderal KPU.

Panselnas telah juga telah mengumumkan kelulusan tenaga honorer kategori 2 pada 16 instansi pusat. “Dengan demikian, pengumuman kelulusan kategori II untuk instansi pusat sudah sebanyak 29  kementerian/lembaga,” ujar Karo Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian PANRB Herman Suryatman Senin petang (17/2/2014).

Setelah mengumumkan 13 kementerian/lembaga pada Senin malam, Panselnas CPNS kembali mengumumkan kelulusan tenaga honorer kategori 2 untuk pemerintah daerah yang ada di 5 provinsi. Kelima provinsi dimaksud adalah Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat pada hari ini, Selasa (18/02).

Dengan pengumuman itu maka tinggal enam provinsi yang belum diumumkan, yakni Aceh, Papua Barat, Papua,NTT, Maluku, dan Maluku Utara. Untuk instansi pemerintah pusat yang belum diumumkan antara lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, pengumuman untuk beberapa instansi lainnya akan segera dilakukan. (menpan.go.id/Kabar24.com)

Mau dapat Mobil Daihatsu Ayla? Ikuti Bisnis Indonesia Writing Contest 2014. Klik caranya disini.

BACA JUGA:

Jokowi Tegaskan Proyek Monorel Harus Rampung dalam 3,5 Tahun

5 Perancang Mode Indonesia Ikut Tampil di Paris Fashion Week

Editor: Eries Adlin

KOMENTAR