facebook twitter rss

MISTERI #MH370: Malaysia Takut Ungkap Transkrip Percakapan Pilot Dan ATC

Martin Sihombing Selasa, 01/04/2014 03:51 WIB
Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein/guardian.com
guardian.com
Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein

Kabar24.com, KUALA LUMPUR - Sejak menghilang pada 8 Maret 2014, pesawat Malaysia Airlines 777-200ER dengan nomor penerbangan MH 370 tujuan Kuala Lumpur-Beijing, terus menyudutkan Pemerintah Malaysia. Bahkan belakangan ada desakan agar transkrip percakapan antara pilot MH 370 dan ATC segera diungkap. Akankah Pemerintah Malaysia segera mengungkap transkrip tersebut?

Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein --yang juga Menteri Pertahanan Malaysia-- mengatakan transkrip percakapan antara pilot MH370 yang hilang dan pengendali lalu lintas udara ( ATC ) hanya akan terungkap jika para ahli memberikan persetujuan.

Ia mengatakan ini saat merespon pertanyaan tentang komunikasi terakhir antara pilot dan ATC, yang dikatakan memiliki dua versi yang berbeda dari transkrip, terungkap kepada publik.

Hishammuddin mengatakan hari ini, Senin (31/3/2014) bahwa dia tidak yakin jika pernyataan itu dikeluarkan oleh Biro Investigasi Federal ( FBI ).

"Saya tidak begitu yakin tentang itu, tapi saya bisa mengkonfirmasikan keterlibatan pribadi saya sendiri dengan penyelidikan yang berhubungan dengan FBI dari hari pertama," katanya Senin (31/3/).

"Transkrip merupakan bagian dari penyelidikan. Jika begitu penting bagi Anda, biarkan aku bicara dengan para ahli dan meminta apakah mereka dapat atau tidak dapat mengungkapkan."

"Kalau bisa terungkap, kami akan mengungkapkannya," katanya dalam konferensi pers rutin  dari  tim operasi pencarian dan penyelamatan ( SAR )  di Putra World Trade Centre ( PWTC ), Senin (31/3/2014).

Sementara itu, ia mencatat bahwa semua panel pertanyaan sudah di tempat dan  kebenaran akan menang dan akan berada di luar sana.

"Pada dasarnya, jika Anda mengajukan pertanyaan yang merupakan bagian dari penyelidikan, tentang transkrip, Anda harus bersikap adil kepada kami karena hanya mereka yang sedang melakukan investigasi dapat memberi kita OK."

Hishammuddin mengatakan  ia akan bertanggung jawab kepada komisi kerajaan atau  komite parlemen dan dewan penyelidikan internasional.

"Jadi kami tidak menyembunyikan apa pun. Kami hanya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan," tegasnya.

Ditanya tentang informasi penyelidikan yang berhubungan dengan transkrip wawancara istri pilot, yang diduga diungkapkan oleh polisi ke Daily Mail Inggris, dia mengatakan hal itu tidak diungkap oleh polisi.

"Dan bagaimana Daily Mail mendapatkan transkrip, Anda harus bertanya kepada Daily Mail," kata Hishammuddin.

terkait masalah informasi yang terungkap di luar konferensi pers dan spekulasi tentang diagram di Google atau situs-situs internet lain, ia mengatakan ia bisa mengkonfirmasi atau discount mereka .

"Saya tidak bisa mengkonfirmasi atau discount. Saya hanya dapat bergantung pada apa yang saya telah dikonfirmasi di PC saya . Aku tidak akan berdebat tentang itu di sini. Kami memiliki PC kita setiap hari. Jika itu adalah sesuatu yang diinformasikan oleh kami, saya akan menjelaskan itu," jelasnya.

Editor: Martin Sihombing

KOMENTAR