facebook twitter rss

QUICK COUNT PEMILU 2014: Tifatul Bantah Sebarkan Twit PKS Menang di Dapil Luar Negeri

Eries Adlin Rabu, 09/04/2014 00:34 WIB
Ilustrasi-Melalui akun @tifsembiring, Tifatul Sembiring membantah dirinya menyebarkan twit tentang PKS yang memenangkan quick count atau exit poll di Dapil Luar Negeri /Twitter
Twitter
Ilustrasi-Melalui akun @tifsembiring, Tifatul Sembiring membantah dirinya menyebarkan twit tentang PKS yang memenangkan quick count atau exit poll di Dapil Luar Negeri

Kabar24.com, JAKARTA – Petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring membantah dirinya menyebarkan twit bahwa PKS memenangkan quick count ataupun exit poll di daerah pemilihan (dapil) luar negeri pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Tifatul melalui akun Twitter-nya @tifsembiring merasa dikelabuhi oleh akun @rionuriman yang menyebarkan twit hoax tentang PKS menang quick count ataupun exit poll di dapil luar negeri. Berikut ini kicauan @tifsembiring pada 8 April 2014:

  • Rupanya ini yg jadi pangkal masalahnya akun @rionuriman ini mencantumkan RT seolah sy twit exit poll LN dst... cc. @fadjroel
  • Coba lihat TL sy, twit sebelumnya adalah:  @tifsembiring: Lain Padang lain belalang (adat). Lain lembaga lain juaranya (survei)...:D
  • Terpancing kata2 hebatt.. dari @rionuriman langsung disambar admin dg kata2: Alhamdulillah...
  • Mohon maaf atas kekeliruan ini, tidak ada niyat untuk menyebar berita hoax...
  • Baca klarifikasi di TL sy 1-4 ...“@quowwamh: Ea RT @fadjroeL @sahaL_AS @tifsembiring 8. INFO @sahaL_AS: KPU: Bohong, Klaim Partai Unggul pd
  • Ooo ... Fake Retweet rupanya... mengatasnamakan akun @tifsembiring

Sebelumnya,  @tifsembiring membalas twit dari @rionuriman yang memajang kicauan retweet seoah-olah dari Tifatul:

  • Alhamdulillah ...“@rionuriman: Hebattt.. RT @tifsembiring exit Poll ..PKS sapu bersih TPS luar negeri . Allahu Akbar pic.twitter.com/K3myyoUlw2”

Perang di dunia maya sudah berlangsung menjelang Pemilu Legislatif 2014. Di beberapa forum muncul klaim Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menang berdasarkan exit poll ataupun quick count.

Klaim menang pada pencoblosan di daerah pemilihan (dapil) luar negeri dalam quick count ataupun exit poll dari PKS dan PDIP muncul di detik.forum, kaskus.com, kompasiana.

Sebagai contoh, di kompasiana, akun tertentu melansir kabar bahwa PKS memenangkan Pemilu Legislatif 2014 di Hong Kong berdasarkan perhitungan sejenis quick count atau uga exit poll. PKS juga disebut memenangkan quick count Pemilu Legislatif 2014 di Korea Selatan.

Namun kebenaran dari exit poll atau juga quick count kurang bisa dipertanggungjawabkan karena institusi yang melaksanakan perhitungan juga tidak jelas.

Menjelang hari pencoblosan Pemilu Legislatif 2014 besok, wajar kalau perang klaim di dunia maya akan semakin seru. Apalagi nanti setelah pencoblosan di Tanah Air, hasil quick count Pemilu 2014 akan semakin menghebohkan.

BACA JUGA KABAR SEPUTAR TIMNAS U-19

BACA JUGA KABAR SEPUTAR AGNES MONICA:

Editor: Eries Adlin

KOMENTAR