facebook twitter rss

HASIL QUICK COUNT PEMILU 2014: Ini Penyebab PDIP Hanya Dapat 20% Suara

Newswire Kamis, 10/04/2014 11:32 WIB
Simpatisan PDIP/Antara
Antara
Simpatisan PDIP

Kabar24.com, JAKARTA— Ini kekurangan PDIP dalam pelaksanaan pileg 2014. Berdasarkan hasil quick count pemilu 2014, perolehan suara PDIP sekitar 20%. Persentase ini masih kurang optimal karena PDIP dianggap tak optimal komunikasikan Joko Widodo (Jokowi).

"Dalam komunikasi politik dengan masyarakat, figur Jokowi sebagai calon presiden dari PDIP, sesungguhnya masih bisa dioptimalkan lagi," kata  Heri Budianto dari Political Communication (Polcomm) Institute di Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Heri Budianto optimistis jika seluruh elite PDIP lebih optimal mengomunikasikan Jokowi sebagai capres PDIP kepada masyarakat, maka perolehan suara partai itu akan lebih optimal.

Menurut dia, ada kemungkinan perolehan suara PDIP akan mendekati target partai tersebut yakni 27 persen. (Baca juga: ARB Ogah Jadi Cawapres Jokowi)

Staf pengajar FISIP Universitas Mercu Buana Jakarta ini menjelaskan iklan-iklan PDIP di media massa tak difokuskan kepada Jokowi sebagai calon presiden.

"Padahal, Jokowi sebagai magnet elektoral, seharusnya dimanfaatkan secara optimal dalam komunikasi dengan masyarakat," katanya.

Heri membandingkan dengan partai-partai lain yang dinilai cukup optimal sosialisasikan figur calon presidennya, seperti Partai Gerindra menyosialisasikan ketua dewan pembinanya Prabowo Subianto.

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus menyosialisasikan figur Jusuf Kalla, Rhoma Irama, dan Mahfud MD, padahal belum resmi diusung oleh partai tersebut sebagai calon presiden.

"Namun hasilnya, dari hasil hitung cepat Partai Gerindra dan PKB meraih peningkatan suara yang signifikan," katanya. (Antara)

BACA JUGA:

HASIL QUICK COUNT PEMILU 2014: Ini Dia Gaya Dangdutan Jokowi & ARB

HASIL QUICK COUNT PEMILU 2014: Dangdutan, Jokowi & ARB Kompak Berbaju Putih Hitam

 

 

Editor: Nancy Junita

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.

KOMENTAR