facebook twitter rss

KONSER INDONESIA-MALAYSIA Andalkan Alat Musik Tanah Air

Saeno Senin, 26/11/2012 20:06 WIB
Siti Nurhaliza/Antara/Agus Bebeng
Agus Bebeng
Siti Nurhaliza/Antara

Newswire

JAKARTA - Sejumlah seniman musik Indonesia dan Malaysia akan berkolaborasi bersama.

Mereka direncanakan tampil dalam konser bertema Ekspresi Karya Gemilang yang akan diselenggarakan secara gratis di sejumlah kota.

Titi DJ, Rossa, Inka Christie, Siti Nurhaliza, Amy Search dan Shilla Amzah termasuk nama-nama yang akan meramaikan konser tersebut. 

Konser diawali di stadion MEIS Ancol, 10 Desember 2012 di stadion MEIS Ancol. 

"Sangat penting untuk menghargai budaya yang menjadi akar tradisional. Kami akan coba eksplorasi budaya Indonesia dan Malaysia,"  kata pihak sponsor yang diwakili Mohd Ghozali bin Yahya dalam konferensi pers, Senin (26/11).

Direktur Artistik Tari konser tersebut, Deny Malik, mengatakan pergelaran itu juga akan menampilkan kolaborasi kesenian mulai dari tarian dan lagu seperti Ronggeng Betawi, tari Kipas Melayu, dan The Mystery of Kalimantan.

"Akan ada 70 penari yang terlibat dalam kelompok musik etnis. Ada suguhan tari, nyanyi dan aransemen lagu yang berbeda," ujar dia. 

Direktur Musik konser budaya, sekaligus pimpinan orkestra Yusuf Oeblet mengatakan pihaknya akan melibatkan seluruh alat musik dari berbagai daerah di Indonesia seperti Gondang Batak, Gamelan Jawa dan Bali untuk menghasilkan aransemen lagu yang berbeda dan khas.  

"Semua unsur tarian dan lagu digarap berbeda menggunakan aransemen tradisional," ujar dia. 

"Ini akan menjadi tetabuhan musik nusantara populer. Kami garap perkawinan dua budaya," ujarnya. 

Konser juga akan diadakan di beberapa kota lainnya seperti di lapangan Batrai Kodam, Pekan Baru pada 12 Desember dan di stadion Lambung Mangkurat, Banjarmasin pada 14 Desember 2012. (Antara/sae)

Editor: Saeno

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR