facebook twitter rss

INDONESIA Raih 3 Emas Pada Kejuaraan Taekwondo Asia

Marissa Saraswati Minggu, 12/05/2013 11:29 WIB
Ilustrasi/Antara
Antara
Ilustrasi

Newswire

KABAR24.COM, JAKARTA—Pada Kejuaraan Taekwondo Asia ke-11 di Nay Pyi Taw, Myanmar yang berakhir, Sabtu (11/5), Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, lima perak dan 13 perunggu.

Siaran pers humas UTI Pro, Minggu, menyebutkan, tim Indonesia yang diwakili Universal Takwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) itu, ketiga medali emas itu masing masing dipersembahkan di kategori yunior kelas under 73 kilogram putra melalui Tiekpho Ivander, yang meraih kemenangan angka atas Taekwondoin asal Malaysia Khir Amir Salam melalui kemenangan angka 6-3.

Sementara itu di kelas under 78 kilogram putra Hianwi Fardim asal Batam sukses mengikuti jejak Tiekpho Ivander mempersembahkan medali emas kedua dengan mengalahkan taekwondoin Filipina Alejandro Joel Felipe.Hianwi.

Dalam pertandingan itu, Hianwi tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk merebut medali emas, setelah Alejandro tidak dapat melanjutkan pertadingan akibat cedera kaki.

"Cedera yang dialami oleh Taekwondoin Filipina karena sempat terjadi `jual beli tendangan` di ronde pertama sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan," kata Pelatih Satriyono usai laga final di kelas tersebut.

Satu medali emas lainnya dihasilkan di kelas di bawah 44 kilogram putri melalui Dinda Meirisia yang menang tipis atas Inna Dio nio dari Filipina.

Sedangkan lima medali perak diantaranya dihasilkan di kelas di bawah 42 kilogram putri atas nama Humaira Apri yang kalah dari Taekwondoin Filipina Irene Bermejo. Dan di kelas Under 80 kilogram putra Herlambang serta Catur Yuni kelas diatas 73 kilogram putri.

Sementara itu Vietnam keluar sebagai pengumpul medali terbanyak disusul Filpina dan Malaysia.

Pembina YUTI dan UTI Pro Grand Master Lioe Nam Khiong turut hadir di Myanmar. Dia selain memberikan motivasi kepada tim juga sekaligus turut mendukung pelaksanaan Kejuaraan Taekwondo ASEAN ke-11 tersebut di Myanmar, yang akan menjadi penyelenggara Sea Games 27 Desember mendatang.

"Saya sangat berterima kasih bisa memberikan konstribusi perangkat pertandingan beserta , Sumber Daya Manusia-nya," kata Lioe Nam Khiong.

Menanggapi pencapaian tim UTI Pro di ajang ini, Pembina YUTI dan UTI Pro Grand Master Lioe Nam Khiong menilai perlu ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing di kejuaraan Internasional lainnya .

"Secara umum hasil ini cukup baik namun belum yang terbaik dibanding dengan kekuatan beberapa Negara di kawasan Asia Tenggara ini," imbuhnya.

UTI Pro, kata Grand Master Lioe Nam Khiong, dalam waktu dekat ini akan menggelar Turnamen Internasional Best Of The Best UTI Pro di Yogyakarta akhir Juni nanti. Event tersebut sekaligus dijadikan ajang seleksi penentuan tim yang akan diterjunkan ke Korea Open awal Juli 2013.(Antara/ms)

 

Editor: Marissa Saraswati

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

KOMENTAR