facebook twitter rss

PILPRES 2014: HATTA Capres Terfavorit

Marissa Saraswati Senin, 15/04/2013 08:18 WIB
Hatta Rajasa/Antara
Antara
Hatta Rajasa

Newswire

KABAR24.COM, JAKARTA-- Menurut jajak pendapat di sebuah harian di ibu kota, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa menduduki urutan pertama sebagai bakal calon presiden (Capres) 2014.

Koordinator Jajak Pembaca Nonstop Iwan Siregar di Jakarta, Minggu, mengatakan, hasil kupon jajak pembaca Nonstop edisi April 2013, Menko Perekonomian Hatta Rajasa meraih 19%, disusul Dahlan Iskan sebesar 15%, Mahfud MD 11%, Aburizal Bakrie 9%, Megawati Soekarnoputeri 5% dan Prabowo Subianto 2%.

"Dari 1.500 kupon jajak yang masuk ke redaksi, Hatta kembali mendapat suara terbanyak. Raihan suara yang cukup melonjak ada pada capres lainnya yang mencapai 39%. Capres lain yang dipilih itu beragam, ada yang memilih Jokowi, Jusuf Kalla, Yuril Ihza Mahendra dan lainnya," kata Iwan.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum Partai Bintang Reformasi (PBR) Bursah Zarnubi mengatakan, apa yang terjadi pada hasil jajak pembaca Nonstop membuktikan tingkat elektabilitas atau keterpilihan Hatta Rajasa terus naik.

"Tingkat elektabilitas Hatta terus naik. Bukan hanya di jajak pembaca ini, tapi juga di sejumlah survei lainnya," kata Bursah.

Menurut dia, publik sudah bisa menilai sosok Hatta yang tidak punya banyak masalah dan memiliki pengalaman di politik dan birokrasi.

"Keunggulan Hatta itu sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Publik sudah mulai paham atas kelebihan Hatta ketimbang kandidat capres lainnya. Coba lihat saja, dari sebanyak calon yang ada, apakah ada yang memiliki segudang pengalaman seperti Hatta di bidang politik, ekonomi dan birokrat," katanya.

Ketika disinggung siapakah calon yang cocok mendampingi Hatta, Bursah mengaku, siapa pun bisa menjadi pendamping Hatta di 2014.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Laode Ida mengatakan, Hatta Rajasa sebagai sosok bersih.

"Hatta paling layak jadi presiden mendatang karena saya melihat Hatta bersih. Sebagai poros tengah, Hatta juga diunggulkan sebagai calon netral untuk diusung partai politik lainnya," kata Laode.(Antara/ms)

 

Editor: Marissa Saraswati

KOMENTAR